Mataram (ANTARA) - Kegiatan pendakian internasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dijadwalkan Juli 2010, yang akan melibatkan para pendaki dalam jumlah yang lebih banyak dan berasal dari berbagai negara.
"Saya sudah seringkali mengkoordinasikan persiapan pendakian internasional itu di Jakarta dan sudah ditetapkan jadwalnya Juli mendatang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Lalu Gita Ariadi, di Mataram, Selasa.
Ariadi mengatakan, penyelenggara kegiatan pendakian internasional Gunung Rinjani itu merupakan panitia bentukan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Kementerian Kehutanan (Kemhut).
Gunung Rinjani merupakan bagian dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen PHKA Kemhut, yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).
"Kami sudah berkoordinasi dan sekarang tinggal menunggu realisasinya pada Juli mendatang, jika dibutuhkan peran RTMB (Rinjani Tracking Management Board) kami siap menyukseskannya," ujar Ariadi yang juga Ketua RTMB periode 2008-2013.
RTMB merupakan pengelola kegiatan pendakian Gunung Rinjani sebuah badan lintas sektoral yang melibat unsur pemerintah, swasta, masyarakat dan pelaku pariwisata.
Sementara Gunung Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.800 meter) yang terletak di Sumatra, merupakan geowisata yang ramai dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.
Potensi geowisata itu berupa panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, sejarah letusan, lubang letusan dan aliran lava baru sehingga tengah diusulkan menjadi geopark pertama di Indonesia.
Gunung berapi yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut (dpl) itu akan dijadikan "geopark" atau taman bumi pertama di Indonesia atau "geopark" ke-54 yang tersebar pada 17 negara di dunia.
Sejak dikelola RTMB, Rinjani telah beberapa kali meraih penghargaan nasional maupun internasional antara lain World Agency Award 2004 dan Tourism For Tomorrow Awards pada 2006 dan 2008.
Musim pendakian Gunung Rinjani dimulai pertengahan April hingga awal Desember sesuai kondisi cuaca.
Jalur pendakian hingga menggapai Danau Segara Anak dapat melalui dua jalur resmi yakni jalur pendakian Senaru dengan waktu tempuh 7-10 jam berjalan kaki karena jaraknya kurang lebih delapan kilometer, dan jalur Sembalun dengan waktu tempuh relatif sama yakni 8-10 jam.
Pengunjung yang sudah berada di Pelawangan masih membutuhkan waktu 4-5 jam untuk menggapai puncak Gunung Rinjani melalui jalur pendakian yang ditetapkan, namun melewati kawasan hutan.

Selasa, 22 Juni 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Pendakian Internasional Gunung Rinjani Juli 2010"

Write a comment