Timpani atau kettledrum, adalah bagian dari simfoni orskestra sejak abad ke-17,dan adalah instrument musik perkusi dengan sejarah yang panjang. Asal kata Timpani dari “Timpano” bahasa yunani yang berkembang menjadi tympany, dan menjadi Timpani karena dalam bahasa Italia tidak terdapat huruf “y”.
Timpani adalah instrument yang paling keras suaranya, maka dari itu untuk memproduksi suara yang baik diperlukan presisi yang tinggi dari pemainnya, juga untuk mendapatkan pitch yang tepat, karena Timpani adalah satu-satunya membranophone dengan definite pitch dan seorang timpanis perlu sensitivitas pendengaran yang sangat baik untuk mendapat nada yang tepat.Tingkat volume suara dan pitch dari Timpani sangat dipengaruhi oleh keadaan di sekitarnya seperti tingkat kelembaban dan temperature ruangan, lebih dari instrument lain. Itulah mengapa performance part Timpani hanya dipercayakan kepada seorang Timpanis yang terlatih. Itu pula yang membedakan Timpanis dengan perkusionis biasa, Timpani tidak akan dipercayakan kepada pemain perkusi biasa.
Penggunaan 4 buah Timpani pada jaman romantic sampai modern sudah baku, sedangkan untuk jaman klasik, standarnya adalah 1 pasang.

Kamis, 06 Januari 2011 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Perkusi Bernada: Timpani"

Write a comment