Bagi Anda yang belum pernah mendengar namanya, Michael Romeo adalah seorang gitaris yang banyak memainkan musik neoclassical rock, namun demikian permainannya tidak bisa dikatakan sama atau hanya menjiplak permainan Yngwie Malmsteen. Walaupun Yngwie Malmsteen merupakan salah satu gitaris yang mempengaruhi permainan gitarnya, Michael Romeo memiliki warna musik khas yang tidak dapat Anda temukan dalam permainan kebanyakan gitaris neoclassic lainnya termasuk Yngwie sendiri.

Michael merupakan master dari semua teknik bermain gitar yang bisa Anda temukan di buku, antara lain whammy bar, sweeping, alternate picking, string skipping, tapping, legato dan vibrato.

Michael Romeo mulai belajar gitar pada umur 14 tahun. Pada saat berumur 19 tahun, Michael mengikuti kontes gitar se-Amerika yang diadakan oleh Sam Ash Music Store dan menjadi salah satu finalis kontes gitar tersebut.

Masa masa SMA nya banyak dihabiskan dengan latihan gitar dan bermain di banyak band dan merekam beberapa lagu instrumental ciptaannya saat Michael berumur 20 tahun. Demo tape ini dikirimkan ke beberapa perusahaan publikasi gitar dan mendapat tanggapan yang sangat memuaskan.

Dan akhirnya pada tahun 1994 Michael merilis album solo nya yang diberi judul The Dark Chapter yang memuat 9 lagu instrumental dimana salah satu lagunya merupakan komposisi Nicollo Paganini yang berjudul Concerto in B Minor yang di aransemen ulang. Di album ini Michael bukan hanya memainkan mayoritas dari alat musik yang ada tapi dia juga menunjukkan kemampuan nya di dalam studio dengan mengerjakan mixing sendiri, menjadi sound engineer nya sendiri dan memproduksi album ini sendiri.

Dengan dirilisnya The Dark Chapter dan video guitar lesson yang berjudul The Dark Guitar, Michael Romeo pun mendapatkan banyak perhatian dan ketenaran dan hal ini merupakan awal terbentuknya Symphony X. Thomas Miller (bass) lah yang pertama kali bergabung dengan Michael karena sudah sering berkolaborasi dengan Michael sebelumnya. Tidak lama setelah itu, Rod Tyler (vocals) dan Jason Rullo (drums) bergabung dan akhirnya dengan masuknya Michael Pinnella (keyboard) lengkaplah formasi Symphony X dan mereka siap meluncurkan album pertamanya dan sampai sekarang ini (2002) Symphony X sudah merilis 7 album, 6 album studio dan 1 album live.

Sekarang ini Michael masih banyak menghabiskan waktunya untuk latihan gitar dan menulis lagu, dan juga mempelajari komposisi dan orkestrasi musik klasik. Tentang album solo nya yang kedua, Michael mengatakan bahwa Symphony X merupakan konsentrasinya yang utama pada saat ini tapi di masa yang akan datang kalau ada waktu Michael akan merilis album solo nya yang kedua masih dengan Michael Pinnella pada keyboard.

Senin, 14 Mei 2012 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Michael Romeo"

Write a comment