Mungkin ada yang kurang rasanya jika lick-lick gitar yang telah diberikan pada artikel sebelumnya tanpa menyertakan salah satu masterpiece dari komposer klasik yang terkenal, yaitu Niccolo Paganini. Yup, tentunya sobat pembaca mungkin sudah mengetahuinya. Masterpiece tersebut bernama Caprice, yang terdiri dari 26 bagian.

Entah mengapa, banyak gitaris dunia yang memainkan komposisi musisi klasik ini ke dalam musik mereka, baik sebagai bagian dari lagu (tentunya instrumental), maupun saat ber-solo. Tercatat Jason Becker dan Yngwie Malmsteen pernah memainkannya untuk ber-solo. Steve Vai juga pernah memainkannya di dalam duel gitar pada film Crossroads (eh, itu judulnya bukan ya?? Penulis agak lupa… Maaf ya, kalau salah… Hahaha). Bahkan Michael Romeo dan Paul Gilbert memainkannya di dalam lagu mereka. Mungkin disebabkan teknik yang cukup sulit disertai dengan nada indah yang dihasilkan dari komposisi musik tersebut, yang membuat para gitaris memainkan musik yang aslinya dimainkan pada biola tersebut. Tentunya dengan gaya mereka sendiri.

Komposisi yang sering dimainkan oleh berbagai gitaris umumnya adalah Caprice ke-5 (5th Caprice) dan ke-24 (24th Caprice). Mengenai alasan mengapa kedua Caprice itu yang sering dimainkan, entahlah, penulis juga belum mengetahuinya… Hahaha… Penulis belum pernah mendengarkan seluruh komposisi dari Caprice tersebut, apalagi komposisi asli yang dimainkan pada biola. Tetapi satu hal yang pasti, teknik dan speed (kecepatan) dari komposisi ini cukup sulit, yah kalau bagi penulis sih, sulit… Hehe… Jadi, lumayan untuk melatih kemampuan sobat pembaca untuk bermain gitar pada level yang sedikit lebih tinggi… Haha… Oh iya, sesuai judul, penulis menggunakan Caprice ke-5 (5th Caprice).

Senin, 14 Mei 2012 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Paganini’s 5th Caprice"

Write a comment